Toman (Channa Micropeltes)

foto toman dewasa (pict from immali.com)
Toman (Giant Snakehead) adalah salah satu ikan predator dari keluarga gabus (channidae) dengan ukuran terbesar. Dengan gigi-giginya yang runcing dan tubuhnya yang bisa mencapai panjang lebih dari satu meter menjadikan toman sebagai ikan kategori top predator.
Selama hidupnya toman mempunyai 3 fase perubahan ciri warna, yakni:
1. Ketika baby ikan toman memiliki warna tubuh yang kemerahan.
2. Memasuki usia remaja toman akan berwarna kuning dengan semburat hitam dibadannya, punggung berwarna kuning gelap dan perut berwarna putih.
3. Ketika dewasa toman akan berubah warna kebiruan dengan warna putih di perutnya.

Kerajaan :Animalia
Filum      :Chordata
Kelas      :Actinopterygii
Ordo       :Perciformes
Famili     :Channidae
Genus     :Channa
Spesies   :C. micropeltes

Penyebaran di Indonesia
Penyebaran ikan toman meliputi kawasan Asia tenggara seperti di Thailand, Malaysia, Indonesia, Laos, Vietnam. Di Indonesia sendiri daerah penyebaran toman meliputi pulau Kalimantan dan Sumatera. Di daerah asalnya penduduk setempat memanfaatkan ikan ini sebagai ikan konsumsi karena dagingnya yang tebal dan gurih serta kaya akan zat albumin yang berkhasiat menyembuhkan luka. Ikan toman sekarang ini sudah masuk kedalam arus perdagangan ikan hias karena ikan ini memang menarik untuk dipelihara.

Toman sebagai ikan peliharaan
Di kalangan penghobi ikan hias toman adalah ikan yang cukup menarik untuk dipelihara karena warnanya yang lumayan bagus dan sifat predatornya yang benar-benar galak luar biasa, harganyapun relatif murah. Bukan cuma penghobi dalam negeri saja yang suka memelihara ikan ini, para penghobi dari negara-negara barat Seperti Amerika dan Inggris juga banyak yang memelihara toman karena kebuasannya. Di Indonesia sendiri toman termasuk ikan yang mudah di jumpai di toko-toko ikan hias, apalagi saat musim penghujan.

Perawatan
Perawatan ikan toman cukup mudah, karena ikan ini termasuk ikan "badak" yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air dan tak perlu banyak oksigen. Makananya juga cukup mudah dicari, apa saja doyan, dari mulai ikan hidup sampai daging kambing cincang disantapnya. Namun juga perlu diperhatikan, saya kerap kali menjumpai banyak kasus toman yang dipelihara tiba-tiba mati mendadak, biasanya disebabkan karena over feeding.

Karakter
Toman adalah ikan buas yang tak kenal rasa kenyang, ketika sangat lapar toman bisa memakan ikan yang lebih besar daripada badannya dengan cara di cabik-cabik dan dibelah dengan giginya yang tajam, maka sangat bahaya apabila ikan ini dicomtank dengan ikan lain. Dengan karakternya yang sangat buas toman jangan sampai dilepas di perairan yang bukan habitatnya, seperti Jawa. Kalau misal anda bosan dengan ikan ini lebih baik dijual atau digoreng saja. Jangan dilepas diperairan Jawa, karena ikan endemik Jawa yang kebanyakan kalem dan kecil-kecil akan jadi sasaran empuk pemusnahan masal. Bahkan di Amerika dan Inggris ikan ini sudah dilarang masuk karena dikhawatirkan akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem disana jika sampai lepas ke alam. Namun sangat di sayangkan sekarang ini toman banyak disebar di sungai-sungai pulau Jawa oleh sebagian pemancing dengan alasan ingin melestarikan toman di pulau Jawa, karena mereka berkeyakinan ikan toman adalah ikan asli Jawa yang sudah punah. Mereka berdalih untuk melestarikan ikan toman, padahal semua itu dilakukan mereka hanya demi kepuasan memancing tanpa memikirkan keberadaan ikan endemik lain yang akan habis populasinya akibat ulah toman. Walaupun seandainya benar zaman dahulu kala ikan ini pernah mendiami pulau Jawa, namun tak lantas menjadi pembenaran atas tindakan penebaran ikan toman di Jawa, karena zaman sudah tak lagi sama. Ikan-ikan di jawa jaman sekarang kebanyakan hanyalah ikan-ikan kecil, hanya segelintir saja yang besar dan mampu bersaing dengan toman. Jika toman di tebar, toman akan mendominasi dan dikhawatirkan ikan lokal akan habis.

foto toman remaja by ingo

Di dunia ini juga terdapat toman yang berbeda dengan toman pada umumnya, yakni Golden Toman. Rata-rata hanya terdapat satu ekor saja di setiap 10.000.000 ekor kelahiran toman. menjadikan golden toman ikan yang sangat langka, harganyapun fantastis.

Dibawah ini adalah foto Golden toman yang saya peroleh dari google :




(teddy)

Related Posts:

9 Responses to "Toman (Channa Micropeltes)"

  1. apakah ikan ikan "asli" jawa sudah habis di Cirata???? Toman di cirata sudah jutaan ekor.

    ReplyDelete
  2. Gan gue mau tanya
    Ikan toman gue digigit sama ikan oscar ikan tomannya perutnya sobek kelihatan dagingnya tapu masih hidup dan beraktivitas apalagi makan lah gimana ya cara mengobatinya?
    Makasih gan

    ReplyDelete
  3. Menurutmu hare sopo mas ikan sepat jutaan mati dibiarkan seperti bangkai aja tak ada yang memperdulikan kok katanya peduli ikan kecil lokal Jawa bulsit mas Alloh itu tidak ada yang menyiapkan nyiakan terhadap makhluknya yang sudah tercipta jadi akan tetap bekelangsingan hidup iki wae sing nulis kakehan bacot Rene tak werohi kelakuan orang Jawa yang kalo disodorkan ikan besar dimakan ikan kecil disepakati hayo jangan jangan yang baca ini sama seperti itu astofirloh alladhim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samean iku kakean drama, coba samean pangan sepat iku, ojo mung iso nyacat trus ga iso ngelakoni

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Cuma pengen tau aja, cara biar corak warna toman di punggung nya muncul warna itu gimana

    ReplyDelete