Bagarius Yarelli

Bagarius Yarelli atau Goonch Catfish adalah salah satu ikan dari jenis catfish yang hidup semenjak zaman purba. Ikan ini adalah salah satu spesies dari 4 spesies genus Bagarius (Bagarius bagarius, Bagarius Rutilus, Bagarius Suchus, bagarius Yarelli). Daerah penyebaran bagarius adalah di kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri Bagarius yarelli terdapat di pulau Kalimantan, Sumatera dan pernah juga mendiami Jawa dan dikenal dengan nama Lika. Namun sayang sekarang bagarius yarelli sudah punah di Jawa.
Bagarius
photo : Pratama


Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Species:
B. yarrelli

Karakter
Bagarius yarelli adalah ikan yang berhabitat di pegunungan atau sungai yang berarus deras yang kaya akan oksigen. Meskipun berhabitat di perairan berarus deras bagarius merupakan ikan dasar yang tergolong pasif mereka jarang berenang dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berdiam diri di dasar sungai. Namun saat bagarius mencari mangsa biasanya mereka bergerak bergerombol bagaikan kafilah onta di fadang fasir. Bagarius mempunyai cara makan yang unik, saat berhadapan dengan mangsanya bagarius tidak langsung menyergapnya tetapi dia akan membidik terlebih dahulu dengan cara menegakkan kepalannya dengan sungutnya lalu dia melontarkan tubuhnya dan melahap buruannya.


Rumor sebagai pemakan manusia
Beberapa tahun yang lalu bagarius yarelli pernah membuat gempar dunia, karena ikan ini dikabarkan telah banyak memangsa manusia di sebuah daerah di India. Di India sendiri ada mitos yang mengatakan bahwa bagarius yarelli ketagihan makan daging manusia karena terbiasa memakan daging sisa ritual pembakaran jenazah oleh agama hindu yang dilarung kesungai. Oleh karenannya ikan ini juga di beri julukan Man Eater atau pemakan manusia. Desas-desus tentang adanya ikan pemakan manusia akhirnya membawa seorang pemancing dunia, Jeremy wade untuk memburu dan meliput ikan ini di acara monsters rivers. Dan berkat liputan tersebut ikan inipun menjadi sangat terkenal dan para kolektor ikan predator berduyun-duyun memburu ikan ini untuk di jadikan koleksi ikan peliharaan.

Pict : Jeremy Wade sedang mengangkat Bagarius dibantu oleh penduduk

Sebagai ikan hias
Di Indonesia banyak hobiis ikan predator memelihara ikan ini. Ketertarikan mereka selain dikarenakan bagarius memiliki "reputasi" sebagai ikan pemangsa manusia juga karena bagrius merupakan ikan ynag tergolong langka dan memiliki keunikan tersendiri dari segi warna, bentuk, karakter dan cara makan. Oleh karena banyak yang tertarik untuk memelihara ikan ini, maka di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung banyak pedagang ikan hias yang mendatangkan bagarius, baik dari luar negeri ataupun hasil tangkapan alam di Sumatera dan Kalimatan. Harganyapun cukup mahal berkisar antara 500 ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah tergantung ukurannya. (Teddy)

Related Posts:

2 Responses to "Bagarius Yarelli"

  1. Bandar CAPSA SUSUN Online Terpercaya ya di Ligapoker
    #ligapoker #lgpkr #180.215.12.116 #lpkiukiu #ligapkr #taingqq
    link : http://180.215.12.116

    ReplyDelete
  2. Di kalimantan untung masih ada, cuma sering di buru mereka juga sudah.

    ReplyDelete