Betutu (Oxyeleotris marmorata)

Ikan Betutu adalah ikan salah satu ikan predator air tawar asli Indonesia. Penyebaran ikan ini meliputi seluruh kawasan Asia Tenggara.  Nama lainnya adalah adalah Marble goby, boboso, gabus malas, bloso watu, bobodoh, ikan bodoh. Ikan ini tergolong ikan predator besar karena dapat mencapai ukuran panjang tubuh 70 cm. meski tergolong ikan yang berukuran besar ikan ini memiliki grow rate (pertumbuhan) yang sangat lambat.

betutu
Photo : Akip


Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
O. marmorata

betutu
Photo : Imam

Karakter
Betutu termasuk ikan predator air tawar yang malas. Ia lebih suka berdiam diri dan suka mengubur dirinya di dalam lumpur daripada berenang. Bahkan saking malasnya ikan ini akan diam ketika dipegang. Di habitat aslinya dalam berburu ikan betutu adalah tipikal ikan yang pasif, ikan ini lebih suka mengubur dirinya dalam lumpur atau menyamar di bebatuan menunggu ikan kecil lewat, ketika ikan lewat "dyaarrr" langsung disantap. Namun ada kalanya mereka aktif bergerak mencari mangsa yakni pada waktu malam hari (nokturnal) dan dalam kondisi kelaparan.

Jika sudah terbiasa "jinak" didalam akuarium ikan ini cenderung aktif kalau diberi makan (mungkin karena terbiasa dengan pemeliharaan dalam tank), bahkan saya pernah melihat betutu milik teman saya mau juga menyambar kodok yang ada di permukaan air.
betutu
Photo : Helmi

Di Pasaran
Beberapa peternak ikan banyak yang membudidayakan ikan ini sebagai ikan konsumsi. Konon kabarnya harga ikan ini diluar negeri (ekspor) mencapai 300 ribu rupiah per kg. Peminatnya adalah negara Malaysia, China dan Singapura. Jika sudah masuk di restoran harga masakan dengan menu ikan ini harganya sekitar 200 ribuan per porsi. Berbanding terbalik dengan di luar negri. Di dalam negeri khususnya di pulau Jawa ikan ini jarang peminatnya. Hal ini saya ketahui ketika berkunjung ke salah satu pusat budidaya ikan di daerah Magelang yakni di desa Ngrajek. Pembudidaya betutu disana banyak yang gulung tikar karena ikan ini tidak laku di pasaran lokal. ditambah pengeluaran untuk biaya pakan ikan ini banyak, karena ikan ini tergolong predator jadi peternak harus menyiapkan pakan berupa daging keong dan ikan teri sebagai pakan.

Karena ikan ini tergolong predator yang mempunyai keunikan untuk dipelihara. Sekarang betutu ini mulai dilirik oleh para penghobi ikan hias dan sudah diperjual belikan sebagai ikan hias oleh para pedagang. Saya pernah menjumpai ikan ini di jual di salah satu toko ikan hias di Kudus dengan harga 7.500 untuk ukuran 15 cm. Overall, ikan ini adalah ikan yang menarik untuk dipelihara sebagai ikan dasar di akuarium, harganyapun sangat terjangkau. Selain itu gaya memangsanya mempunyai keunikan tersendiri. saya suka dengan ikan ini, di tank saya memelihara satu ekor ikan ini sebagai pelengkap ikan dasar (Teddy)

Related Posts:

2 Responses to "Betutu (Oxyeleotris marmorata)"

  1. Apakah aman dipelihara dengan ikan predator yg lebih kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman bos, saya punya saya campur dengan palmas, udang galah dan lobster di aquarium.
      Yg ganas udang galahnya. Selalu siap nangkap ikan lain tapi selain yg predator

      Delete