Channa Maruliodes (Emperor Snakehead)


Channa Maruliodes atau sering disebut Jalai (Sumatera), Toman Bunga (Melayu), Peyang (Kalimantan) adalah ikan dari keluarga Channa (gabus-gabusan). Daerah penyebaran ikan ini di Indonesia adalah di pulau Kalimantan dan Sumatera. Di dunia ikan hias ikan ini lebih sering disebut dengan Maru.
  Channa Maruliodes (pict by Google)
Ciri fisik
Selama hidupnya Maruliodes mengalami tiga fase warna yakni saat masih bayi ukuran 3-10 cm Maruliodes berwarna gelap kebiru-biruan, pada fase kedua (ukuran 10-30 cm) Maruliodes akan berwarna coklat dengan perut warna putih hampir mirip seperti ikan gabus biasa (channa striata), pada fase ketiga yakni saat dewasa 40-100 cm Maruliodes akan mulai menampakkan warna aslinya yakni kekuningan seperti foto diatas. Dan ketika dewasa akan tumbuh corak berwarna hitam dengan pinggiran putih di sisiknya (bunga), yakni ketika maru memasuki usia 1,5 Tahun dan corak itu akan bertambah banyak seiring dengan bertambahnya umur. Di masing-masing daerah maru memiliki warna dan corak yang berbeda-beda
  1. Di Kalimantan

    Maruliodes yang sedari kecil hidup di sungai-sungai atau rawa-rawa di Kalimantan ketika dewasa akan memiliki warna orange kemerah - merahan dan hitam yang tegas di tubuhnya. Hal ini disebabkan karena di Kalimantan banyak terdapat lahan gambut yang membuat Ph air di sungai-sungai di Kalimantan menjadi rendah. Selain karena faktor itu menurut salah satu teman saya di komunitas IGY, Carlos : Warna maru juga dipengaruhi oleh adanya tanaman kelakai yakni semacam tanaman pakis yang tumbuh di pinggiran danau di Kalimantan, ketika musim kemarau tanaman tersebut akan mati mengering, setelah musim penghujan tiba tanaman kelakai kering tersebut masuk kedanau karena luapan air danau, sehingga menjadikan Ph air rendah, bahkan warna danau akan menjadi kemerahan. Hal ini berpengaruh terhadap warna ikan yang hidup di sana, Tak hanya maruliodes bahkan ikan lain seperti arwana, datz, dan botiapun pun warnanya menjadi kemerahan akibat habitat tersebut. Dibawah ini adalah foto Maruliodes Kalimantan milik mbak Iin :
                     red maru

  2. Di Sumatera

    Di Sumatera maruliodes dikenal dengan nama Jalai, warna maru di daerah sumatera cenderung berwarna gelap kekuningan dengan motif batik pada bagian ekornya. Di bawah ini adalah foto maru milik teman saya Muhamad Kafi :

                                      

Namun apabila dipelihara dari kecil baik maruliodes dari kalimantan ataupun dari sumatera tak ada beda nya. Warna yang akan muncul ketika dewasa tergantung pada perawatan kualitas air: Ph air, makanan, setingan tank dan umur ikan. Sebagai contoh, ini adalah maruliodes sumatera milik affi, warnanya kemerahan seperti maruliodes borneo wc:

                                    


Adapula yang warnanya jadi gelap total, warna maru bisa menjadi gelap seperti gambar dibawah ini selain dikarenakan faktor diatas  bisa juga karena sedang pairing.
                                  


Sebagai Ikan Hias
Di dunia internasional Maruliodes adalah ikan yang terkenal di kalangan penggila ikan predator. Keindahan dan gerakannya yang anggun menjadikan maruliodes sebagai salah satu ikan eksotis yang cukup mahal di luar negeri. Di pasaran lokal ikan ini juga mulai banyak diperjual-belikan sebagai ikan hias dan cukup diminati kalangan hobiis,  khususnya dikalangan penghobi ikan predator.
Di bawah ini adalah foto harga maruliodes yang di jual di salah satu toko ikan hias di jogja, foto diambil 2 tahun yang lalu oleh teman saya Dono




Sifat
Maruliodes termasuk ikan yang kalem dan "ramah", berbeda dengan jenis snakehead lainnya yang cenderung agresif dan susah di comtank. Channa Maruliodes adalah ikan yang paling saya sukai. selama saya memelihara ikan, lebih dari 30 maruliodes sudah saya pelihara. Namun tak pernah ada yang sampai ukuran 50 cm up, baik dikarenakan mati melompat ataupun kujual karena tergoda bujuk rayu duniawi. Sekarang saya cuma memelihara 2 ekor maruliodes dari Kalimantan dan satu lagi dari Sumatera. Mungkin 2 ekor maru ini akan saya pertahankan sampai mati :D





Maru Sumatera pertama saya tahun 2012



Maru Borneo kesayanganku






(teddy)

Related Posts:

64 Responses to "Channa Maruliodes (Emperor Snakehead)"

  1. Maaf pak mohon info nya...klau di daerah pulau jawa, yg bisa menerima atau membeli ikan peang atau Maruliodes...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis red peang ,atau oeang kuning om. Silahkan wa 085607494989

      Delete
    2. Mau beli ikan peyang kah om?
      Di tempat ku banyak warna kuning besar2 ikannya
      085751104158

      Delete
    3. Red peyang smpe berapa bos

      Delete
    4. Harga red maru brp sampai jawa (jogjakarta)

      Delete
    5. 085233172071 ready anakan red sampit partai
      Ke wa aja pengiriman aman 🇲🇨
      Sudah makan pelet lama di kolam terpal

      Delete
    6. Bang kalo sampe jogja bisa gak ?

      Delete
  2. Pak saya mau beli channa marulios yg dari kalimantan bahaimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa az ke nmr 082282952996 ada anakan peang(maruliodes) ukuran 8-10cm pak..posisi di kalimantan tengah.

      Delete
    2. saya siap sediakan banyak
      berat di atas 1 kg bisa hubungi saya melalui email. permen85@gmail.com/ wa 085754838833

      Delete
    3. Red peyang smpe berapa,?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Aku punya maru borneo, uk skitar 38_40cm, tapi kok belum keluar bunganya gimana ya gan? Apakah jenis kelamin juga pebgaruh di mark]ngnya atau gimana?

    ReplyDelete
  5. Saya pnya baby channa 20 ekor uk 10cm Tapi bbrp minggu ini tiba" mati tiap harix hingga total 10 ekor. Saya tidak menemukan penyebabnya .. makanx ulat hongkong mulai dr masih 5cm sampai skrg. Aquarium jg slalu bersih. Kira" apa y penyebabnya . Mohon arahanx master 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba dikasih daun ketapang blum airnya???

      Delete
  6. Saya ada pelihara sekitar 60 ekor... ukuran kurleb 30 cm...
    Posisi pangkalan bun kalteng

    ReplyDelete
  7. sya ada 2 chana borneo, size 8 cm🤗.makan cacing merah ...bisakh makan pelet??

    ReplyDelete
  8. Apakah jenis maru identik dengan mata yg berwarna merah...??

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum om mau tanya ni perbedaan maru borneo sama sumatra apa ya?

    ReplyDelete
  10. Apa beda maru borneo,kalimantan dan sumatera???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borneo garisnya banyak dan gk teratur/gak rapi
      Klo sumatra itu garis,e 4_5 dan teratur/rapi

      Delete
  11. Dmana ya bisa di beli baby marbor murah...

    Bwt budidaya n di jual lg

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. mau tanya om . ciri2 ikan maru tidak sehat itu gimana ya om
    punya saya sirip ekor dan find dorsal lebih sering nguncup . apa kah karna ikan tidak sehat atau kondisi air ya? mohon info'nya mastah

    ReplyDelete
  14. Yang mau beli ikan peang asli kalimantan atau channa maruliodes,bisa hbungi wa saya 082253590190

    ReplyDelete
  15. Punten min abdi gaduh Channa maru Borneo ukuran 20cm kurleb mau di jual Khusus daerah Bandung/Cimahi aja tiasa di Wa 083820050091 nuhun min

    ReplyDelete
  16. Salam sehobby bos, saya newbie mau nanya ni, upaya apa yg dapat dilakukan agar ikan tsb tidak meloncat? Kcuali aquarium ditutup mggunakan fiber flat? Adakah solusi lain thd hal berikut? Tks

    ReplyDelete
  17. Klo mau cari yang baby maru nya dmnnya ya?

    ReplyDelete
  18. Mau tanya ni Om
    Saya baru beli ,tapi ikannya kayak takut
    Malah agresif banget ,belum mau makan juga
    Solusinya apa ya? trimakasih

    ReplyDelete
  19. Sy dari denpasar bali sy tertarik memelihara chanamaru bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  20. Sya jg ada marbor posisi kalimantan jika berminat saya bisa menyediakan ikan ikan lain yg berhabitat dikalimamtan khususnya kalteng
    Nb ikan yg baru didapat akan diadaptasikan dengan air yg baru dulu sebelum dijual jadi aman dari kemungkinan kematian.tlpn/wa 085267463801

    ReplyDelete
  21. Punya 2 ekor maru borneo size 32cm sma 45cm, 1 ekor maru sumatera 53cm cuma kasi pakan cacing tanah, itupun 3hari sekali😄

    ReplyDelete
  22. saya sedia maru sumatra dan borneo lokasi boyolali, wa 085801587916

    ReplyDelete
  23. Mampir ke channel saya Borneo Fish Nur, untuk cek ikan asli Kalimantan.

    ReplyDelete
  24. Yg minat maru 40cm dan 35cm
    ikan sehat , mental oke , bunga banyak , bar tebal ,dorsal lebar, shiap kirim lokasi anda
    Wa : 08990923536

    ReplyDelete
  25. Yang daerah jogja ada gag ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 082151256546 , darrah jogja banyak pilihan

      Delete
    2. 085146224334 ada 2 ekor punyaku wa aja mental dah jadi semua

      Delete
  26. Di tempat ku banyak ikan maru/peang kuning hitam besar2 panjang sekitar 50 cm lebih.saya ada pelihara 1.
    Klo mau lihat w.a aja 085751104158

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. 6 cm 30k. 15cm 90k. Tergantung seller dan lokasi sih

      Delete
  28. Mau tanya , pakan buat chana sumatra biar warna nya rngga jadi hitam gelap dikasih apa yah makannya , makasih

    ReplyDelete
  29. Mau tanya , pakan buat chana sumatra biar warna nya rngga jadi hitam gelap dikasih apa yah makannya , terus airnya dikuras perberapa minggu/ hari ?

    ReplyDelete
  30. Saya ada maru Kalimatan stok 6 ekor kuning kemerahan wa 085215152626
    Ukuran 40 cm

    ReplyDelete
  31. Saya punya maru ,Tiger fish juga botia info wa 085215152626

    ReplyDelete
  32. Newbie...
    Cari anakan camarbor atau camarsum.
    Ukuran 5 cm. Kirim ke Bogor/Sukabumi.
    PM:087770985758

    ReplyDelete
  33. Saya punya 2 ekor awalnya cukuran 10cm sekarang udah 30cm, emang bener sifatnya anggun bener seru kalo liat dia berenang, sama channa pulchra saya aja lebih agresif pulchra padahal sizenya jauh

    ReplyDelete
  34. saya punya maru 2 ekor, keep ukuran 10 cm sampai jadi 55 cm sekarang, metal nya mantap dan berenang nya anggun cuma kembang nya belom keluar

    ReplyDelete
  35. Saya mau tanya suhu,bakat bunga itu apakah bagian garis" hitam di samping ikannya?,soalnya banyak yg menanyakan kepada saya soal itu di grub jual beli tapi saya tidak tau apa yg di maksud bakat bunga
    Itu aja,terima kasih suhu

    ReplyDelete
  36. Mf gan,sy mau tanya ap ada nama lain/bahasa daerah nya,untuk jnis maru Borneo,,karena sejenis ikan maru klo di Kalbar cukup bnyk yg hidup di hutan tanah gambut,,,
    Mf,sy nuwbi,,yg bisa ngasi penjelasan sy doakan rejekinya melimpah,,,

    ReplyDelete
  37. Kalo beli dr Kalimantan langsung mahal gak ya

    ReplyDelete
  38. saya biasa dapat ikan peang kalteng di konsumsi aja,,,
    kalau minat hubungi wa 081351410945

    ReplyDelete
  39. Umur paling panjang berapa chana marunya?

    ReplyDelete
  40. Cari red maru yang dari kalimantan langsung

    ReplyDelete